Posted by: IDK Team Category: Ide Comments: 0

Karpet memerlukan perawatan tingkat tinggi. Namun, masih banyak orang yang berfikir tidak demikian. Terbukti, masih banyak yang tidak mengerti bagaimana caranya membersihkan karpet dengan baik dan benar.

Pasalnya, jika karpet tidak dirawat atau dibersihkan dengan benar, maka akan membuat karpet Anda menjadi rusak.

Oleh sebab itu, berikut lima tips yang akan membantu Anda untuk merawat karpet di rumah dengan cara yang benar, seperti dilansir dari laman About.com, Sabtu (19/12/2015):

Menyikat!

Ketika tak sengaja menumpahkan sesuatu di karpet, Anda biasanya secara spontan akan segera membersihkannya. Tak ayal pula banyak yang membutuhkan sedikit kerja keras untuk mendapatkan pekerjaan yang dilakukan. Namun, ini adalah salah satu contoh di mana terlalu menggosok dengan keras tidak membantu, dan pada kenyataannya kemungkinan akan berbahaya bagi karpet Anda.

Pasalnya, karpet terbuat dari serat yang telah dililit bersama dalam rangka untuk meningkatkan kekuatan mereka.

Terlalu keras menyikat pada serat karpet, akan berisiko menghancurkan kunci serat tersebut dan menjadikan serat tersebut kusut dan menjadi mekar. Hal ini akan menyebabkan munculnya tambalan besar pada karpet Anda, yang bisa berakhir dengan tampak lebih buruk dari noda dari tumpahan.

Jadi, saat membersihkan tumpahan di karpet Anda, yang terbaik adalah sikat dengan lembut, dan fokus pada bagian yang terkena noda.

Menggunakan Pembersih Non Karpet

Banyak orang tak mengetahui secara persis pembersih karpet dengan non karpet saking inginnya membersihkan noda pada karpet secara cepat. Hal ini tentu menjadi malapetaka buat karpet Anda.

Oleh sebab itu, satu-satunya jenis produk pembersih, Anda harus menggunakan di karpet Anda pembersih yang dirancang khusus untuk karpet.

Namun, ada pengecualian untuk aturan ini. Sabun cair pembersih piring dapat digunakan untuk mengatasi noda pada karpet, tapi harus diencerkan terlebih dahulu.

Menginjak Karpet dengan Sepatu

Penghuni sering kali lupa untuk menanggalkan sepatunya sebelum akan masuk ke dalam rumah dan tanpa sengaja juga akan membuat karpet Anda kotor.

Bila sepatu kotor masuk ke dalam rumah, maka akan menjadikan lantai beserta ruangannya penuh bakteri yang berasal dari kotoran atau tanah yang dibawa oleh sepatu.

Jika Anda memiliki hewan peliharaan sering berada di luar ruangan, pertimbangkan untuk menyeka kaki mereka ketika mereka masuk.

Menarik Furnitur di Atas Karpet

Menyeret furnitur Anda di karpet mungkin cara termudah untuk memindahkan peralatan yang berat dari satu ttiti ke titik lainnya, namun juga salah satu cara termudah untuk menyebabkan riak di karpet Anda.

Oleh sebab itu, biasakan selalu angkat barang dari karpet sebelum dipindahkan. Jika barang terlalu berat untuk diangkat, tempatkan selembar kayu lapis di atas karpet di depan barang dan jadikan itu sebagai jalan penghubung kayu lapis.

Kemudian, pertama kali tempatkan lembar kedua kayu lapis di depan, dan arahkan potongan furnitur ke lembar kedua dari yang pertama. Ketika barang sepenuhnya sudah berada pada lembar kedua, gunakan potongan pertama dari kayu lapis lagi untuk bagian depannya, lakukan cara ini secara terus menerus hingga mencapai pada posisi letak yang Anda inginkan.

Kebanyakan karpet rumahan yang berada dalam ruangan tidak akan memudar atau luntur, yang berarti bahwa mereka dapat dan akan memudar karena usia, penggunaan, dan sebagian besar dari semua, sinar matahari langsung kuat. Jika kamar Anda sering terpapar sinar matahari, Anda harus mengambil beberapa tindakan pencegahan kecil agar karpet tidak memudar. Umumnya, hal ini dapat diakali hanya dengan cara menutup tirai atau gorden selama jam-jam sinar matahari pada puncaknya.

Pilihan lainnya, jika Anda membeli karpet untuk ruang yang langsung terpapar sinar matahari langsung adalah memilih karpet yang tahan akan pudar. Pilih jenis serat yang tepat dapat membantu untuk menjaga karpet Anda menjadi yang terbaik hingga tahun-tahun mendatang.