Posted by: IDK Team Category: Ide Comments: 0

Teknologi saat ini mengalami perkembangan yang semakin cepat serta besar, banyak orang kemudian memerlukan bantuan teknologi untuk melaksanakan aktivitasnya. Teknologi pun juga membantu aktivitas seseorang menjadi lebih mudah, aman, serta bisa dikontrol.

Koneksi internet yang semakin cepat, kehadiran smartphone dan meningkatnya teknologi IoT (Internet of Things) selama beberapa dekade belakangan ini, membuat rumah pintar menjadi terintegrasi. Banyak perangkat rumah tangga yang sudah bisa dikendalikan hanya dengan smartphone yang digunakan sehari-hari.

Tidak hanya itu saja, saat ini sudah banyak rumah yang didukung oleh teknologi IoT seperti kulkas, sistem keamanan, listrik, lampu, dan banyak lainnya. Tidak heran sekarang banyak sekali rumah yang dilengkapi dengan teknologi Rumah Pintar IoT.

Rumah Masa Depan di Hari Ini

Awalnya setiap orang hanya memanfaatkan tenaga listrik untuk mengaktifkan perangkat rumah tangga. Mulai dari mencuci pakaian, menyedot debu, menyalakan televisi semua membutuhkan daya listrik. Mengatur semuanya sendiri satu per satu tentu sangat merepotkan dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Untuk itu, kehadiran rumah pintar akan membantu setiap orang dalam melakukan aktivitas sehari-hari dengan mudah. Terlebih semua hal yang ingin dilakukan bisa dilakukan melalui smartphone saja. Hanya tinggal klik maka pekerjaan bisa selesai.

Rumah pintar merupakan rumah yang dilengkapi dengan berbagai peralatan elektronik rumah tangga yang dihubungkan ke sebuah sistem, sehingga segala perangkat rumah tangga bisa dinyalakan dan dimatikan dengan mudah tanpa menyentuh langsung perangkat tersebut.

Misalnya seperti menutup pintu, menyalakan lampu, mematikan televisi, dan lainnya bisa dilakukan dalam waktu yang sekejap saja. Selain itu, hadirnya rumah pintar IoT akan lebih memudahkan kita lagi dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Banyak perangkat yang bisa menggunakan teknologi smart home IoT. Peralatan tersebut digunakan untuk memudahkan seseorang dalam melakukan berbagai macam aktivitas. Perangkat IoT yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda antara lain sebagai berikut:

Smart Security

1. Smart Door Lock

Dengan menggunakan smart home IoT, mengunci pintu tidak lagi harus repot menggunakan kunci. Kecanggihan teknologi IoT akan memudahkan Anda dalam membuka dan mengunci pintu. Selain itu, teknologi IoT akan memungkinkan Anda memberi akses untuk mengatur siapa saja yang diperbolehkan masuk rumah.

Teknologi ini juga bisa Anda atur dari jarak jauh. Misalnya Anda sedang berada di luar rumah, Anda bisa memberi akses pada anggota keluarga yang mungkin kesulitan untuk masuk ke rumah. Karena tidak menggunakan kunci konvensional, Anda tidak perlu takut lagi untuk kehilangan kunci rumah dan tidak bisa masuk

2. Smart Alarm

Teknologi canggih satu ini memungkinkan memberikan peringatan saat akan terjadi bencana. Jadi, dengan alat ini kita bisa selalu waspada setiap. Ketika terjadi sesuatu di luar rumah seperti banjir atau badai, alat ini akan memberi pemberitahuan pada Anda.

Ketika menerima pemberitahuan tersebut, jadi Anda masih bisa punya waktu untuk bersiap dan meminimalisir risiko akibat bencana yang akan terjadi.

3. Smart CCTV

Ini adalah yang paling sering kita temui dalam keseharian kita dimasa teknologi seperti saat ini. Dengan adanya teknologi IoT yang dipadukan dengan CCTV akan membuat perangkat ini semakin mudah dikontrol. Mulai dari masalah pengenalan wajah hingga memberikan peringatan adanya pergerakan yang mencurigakan. Ini ideal sekali jika terapkan di rumah kamu.

Smart Appliance

1. Smart Remote Control

Dengan menggunakan smart remote control kamu akan dengan mudah mengontrol alat rumah tangga yang kamu miliki. Terutama alat-alat rumah tangga yang dikendalikan dengan remote controll. TV, AC, kipas angin, akan sangat dengan mudah kamu kendalikan secar terpusat hanya dengan sebuah alat saja.

Asalkan terdapat koneksi internet kamu akan bisa mengendalikan alat-alat tersebut  dari kantor atau bahkan saat kamu sedang dalam kendaraan umum. Menarik bukan?

2. Smart Watering Control

Anda sibuk dan tidak sempat menyiram tanaman di kebun? Tidak usah khawatir karena dengan teknologi IoT maka tanaman dan kebun Anda akan baik-baik saja. Anda dapat mengatur jadwal penyiraman tanaman untuk kebun.

Jadi Anda tidak perlu lagi khawatir saat sedang meninggalkan rumah, karena teknologi ini akan bekerja secara otomatis sesuai dengan jadwal yang Anda buat.

3. Smart Light Control

Ini salah satu yang paling menarik yaitu kamu bisa mengontrol lampu di rumah kamu kapan saja dan dimana saja, bahkan kamu dapat mengatur secara otomatis kapan lampu dinyalakan dan kapan dipadamkan hanya dari aplikasi yang ada di smartphone.

Bentuknya sama seperti lampu LED pada umumnya,hanya saja sudah menggunakan teknologi IoT sehingga mempermudah kita untuk mengotrolnya hanya dengan sentuhan jari melalui layar smartphone.

Bisa diterapkan atau Tidak?

Sebenarnya masih banyak lagi item-item yang bisa membuat rumah kamu menjadi smart. Kita akah bahas lagi nanti pada sesi berikutnya. Kembali dalam implementasinya, tentang bisa diaplikasikan sudah bisa atau tidak itu tergantung dari beberapa poin:

  1. Koneksi Internet, dimana penerapan semua item yang telah disebutkan diatas sangat-sangat tergantung dari adanya koneksi internet agar bisa bekerja sesuai dengan seharusnya. Akan tetapi di jaman seperti saat ini internet bukanlah sesuatu yang sulit untuk dicari.
  2. Biaya, ini tidak bisa dilepaskan. Karena kamu harus membeli peralatan yang dibutuhkan dan itu membutuhkan biaya, dan biaya tambahan untuk koneksi internet. Baik itu internet berlangganan atau internet yang bersumber dari kartu GSM kamu, semua butuh investai lebih. Tentu saja akan ada sedikit lonjakan biaya listrik, karena biasanya peralatan ini akan hidup 24 jam selama 7 hari.
  3. Implementasi yang lebih kompleks, misalnya penerapan berbagai macam peralatan untuk mengontrol semua perabotan rumah dari pintu hingga lampu, akan membutuhkan tambahan peralatan pendukung agar kinerjanya sesuai dengan yang diharapkan. Penambahan peralatan pendukung ini pastinya akan memberikan efek kepada biaya.

Bagaimana? Mau membuat rumah masa depan mu hari ini?