Posted by: IDK Team Category: Ide Comments: 0

Ada banyak sekali variasi dalam memilih material finishing dinding interior rumah, salah satunya adalah dengan menggunakan wallpaper dinding. Berikut artikel menarik untuk kamu seperti yang disadur dari www.dekoruma.com.

Salah satu keunggulan penggunaan material finishing satu ini adalah banyaknya pilihan motif wallpaper yang bisa kamu pilih untuk membuat tampilan interior ruangan jadi lebih menarik. Untuk kamu yang memiliki ruangan sempit, motif wallpaper yang tepat juga bisa membantu membuat kesan ruangan yang lebih luas, lho. Ingin coba aplikasikan motif wallpaper untuk buat ruangan sempit terkesan lebih lapang? Kamu bisa ikuti ide berikut ini!

Garis Horizontal

quotemykaam.com

Motif wallpaper garis merupakan salah satu pilihan paling mudah untuk ciptakan ilusi agar ruangan terkesan lebih luas. Untuk ruangan yang tak terlalu lebar, kamu bisa aplikasikan motif wallpaper garis horizontal untuk kesan ruang yang lebih panjang dan lebih luas. Namun, hindari pemilihan motif wallpaper dengan garis yang terlalu padat karena hal ini akan membuat ruangan terkesan padat dan sempit

Garis Vertical

gnsdeal.com

Jika motif wallpaper garis horizontal bisa buat kesan ruangan yang lebih lebar, maka motif wallpaper dengan garis vertikal adalah alternatif pilihan untuk membuat ruangan terkesan lebih tinggi. Pilihan motif satu ini adalah pilihan yang pas untuk kamu yang memiliki ruangan dengan tinggi yang terbatas.

Simple

freshome.com

Jika kamu memiliki ruangan yang sempit, hindari memilih motif wallpaper yang terlalu ramai karena akan terkesan memenuhi ruangan. Sebaliknya, pilihnya motif wallpaper yang minimalis dengan pola yang simpel seperti inspirasi di atas. Hati-hati agar tidak memilih pola yang terlalu padat untuk menciptakan kesan ruangan yang tidak terlalu sempit.

Pola Minimalis Gelap Terang

roundecor.com

Banyak orang menggemari motif wallpaper klasik yang khas dengan bentuk dan ornamen lengkung yang elegan. Namun, motif seperti ini cenderung membuat ruangan terkesan lebih sempit. Namun, kamu bisa mengakalinya dengan memilih motif wallpaper klasik yang disederhanakan dengan hanya menggunakan elemen garis agar ruangan tetap terkesan klasik, tapi tidak terasa sempit. Kamu pun masih bisa menambahkan cermin dengan bingkai senada untuk menambahkan ilusi ruangan yang lebih luas lagi.

Tekstur Halus

burkedecor.com

Alternatif motif wallpaper lainnya yang bisa kamu pilih untuk menyempurnakan interior rumah yang sempit adalah wallpaper yang memiliki motif berupa tekstur yang halus. Tampilan motif tekstur yang halus meskipun padat takkan membuat ruangan terasa sempit. Namun, agar lebih maksimal, pilihlah tekstur-tekstur yang berwarna terang agar ruangan tetap terasa lapang.

Geometrik

wallsauce.com

Untuk hunian modern dan kekinian, motif wallpaper yang bisa kamu coba untuk ruangan sempit adalah motif garis geometrik. Untuk ruangan sempit, hindari pola geometrik terlalu kecil dan padat, sebaliknya pilihnya pola geometrik yang cenderung sedang agar ruangan terasa lebih luas seperti pada inspirasi di atas. Manfaatkan permainan warna juga agar motif wallpaper tidak membosankan.

Gelombang

gowallpaper.co.uk

Pilihan motif untuk wallpaper ruangan sempit selanjutnya adalah motif gelombang. Sama halnya dengan motif wallpaper garis, pilihlah motif gelombang horizontal untuk kesan ruangan yang lebih lebar, sedangkan untuk kesan ruangan yang lebih tinggi, kamu bisa menggunakan motif gelombang vertikal. Motif bergelombang pada wallpaper ruangan juga bisa ciptakan suasana yang menenangkan.

Metalik

gharpedia.com

Tips memilih motif wallpaper untuk ruangan sempit adalah dengan menggunakan warna-warna terang karena ruangan yang terang akan memberikan atmosfer dan kesan lebih luas. Dan, wallpaper dengan motif metalik bisa jadi nilai tambah karena pola metalik juga bisa memberikan kesan ruangan yang lebih terang.

hgtv.ca

Itulah ragam kreasi motif wallpaper yang bisa jadi pilihan aman untuk diaplikasikan pada ruangan yang memiliki keterbatasan luas agar terasa lebih lapang. Ingatlah, untuk buat ruang tak terkesan sempit, hindari penggunaan motif wallpaper yang memiliki motif terlalu besar dan padat serta warna gelap karena akan membuat ruangan terkesan lebih padat.