Posted by: IDK Team Category: Ide Comments: 0

Retak rambut meski terlihat halus namun sering kali merusak pemandangan dinding rumah Anda

Retak rambut pada dinding memang sangat halus, ukurannya hanya sekitar satu milimeter. Meski begitu, sebaiknya untuk tidak diabaikan, karena biasanya berpotensi menjadi retakan yang lebih besar.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan retak rambut non-struktural. Salah satunya adalah ketika proses plester, komposisi (campuran) adukan semen, pasir, dan air tidak sesuai atau tidak pas dengan takarannya.

Selain itu, pasir dengan kadar organik tinggi, pasangan bata belum kering atau terlalu kering, dan cuaca panas terik, juga dapat memengaruhi faktor keretakan. Demikian seperti dilansir dari Rumah123.com, Sabtu (20/2/2016),

Lalu, bagaimana cara memperbaikinya? Anda hanya perlu menambal bagian yang retak dengan menggunakan mortar acian, yaitu campuran antara semen dan air. Sebelumnya, buka lapisan dalam yang retak dengan lebar permukaan atau jarak dari kiri ke kanan sekitar 5 cm.

Setelah itu, itu siram permukaan dinding dan diamkan beberapa menit. Kemudian, mulailah menambal yang retak dengan mortar acian dengan ketebalan sesuai dinding sebelah kiri dan kanan yang retak.

Tunggulah selama 14 hari agar mengering sempurna. Setelah itu lakukanlah pengecatan dengan warna yang sama dengan cat sebelumnya.

Semoga bisa membantu kamu yang dinding rumahnya terdapat retak-retak rambut. Silahkan dicoba ya!